Entri Populer

Selasa, 12 Oktober 2010

"KESEHATAN"

TIPS SEHAT

  • *Sinar matahari berperan penting untuk pemulihan penyakit kronis. Memanfaatkan sinar matahari dengan bijak dapat meningkatkan pencernaan, gizi, sirkulasi darah dan pengeluaran kotoran dari kulit.
  •  
  • *Hilang nafsu makan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan vitamin B. Makan banyak kacang-kacangan, biji-bijian, telur, kedelai dan mentega dapat mengembalikan nafsu makan Anda.
  •  
  • *Tingkatkan fungsi reproduksi, kesuburan dan kekuatan fisik dengan vitamin E yang banyak terdapat pada semua produk gandum, sayuran hijau, susu, telur, kacang-kacangan mentah dan kecambah.

  • *Minum air rebusan biji ketumbar secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol darah karena bersifat diuretik yang baik dan dapat merangsang ginjal 
  •  
  • *Selain sebagai 'mineral kecantikan' yang dapat merangsang pertumbuhan kulit, rambut, kuku dan mencerahkan mata, silikon pada apel, kacang, madu dan sayuran hijau juga dapat membantu penyembuhan tuberkulosis dan kelainan kulit.
  • *Cegah dan obati ketombe dengan makanan yang mengandung banyak selenium, seperti bawang putih, bawang merah, tomat, telur, susu dan makanan laut.
  • *Buah jeruk, kulit kacang bagian luar, biji-bijian, tanaman hijau, ikan dan kuning telur mentah yang banyak mengandung mineral mangan dapat menghilangkan kelelahan, mengurangi kegugupan, serta meningkatkan kecerdasan.
  • *Di saat dingin, makanan kaya zat besi seperti anggur, kismis, bayam, sayuran hijau, kacang kering, buah-buahan berwarna gelap, kurma, hati dan kuning telur, penting untuk menciptakan rasa hangat, vitalitas dan stamina.
  • *Minum air 6-8 gelas sehari baik untuk penderita wasir. Selain itu, penyiraman dan kompres air dingin pada daerah dubur selama 1 jam sebelum tidur juga dapat mengecilkan wasir.
  • *Hanya dengan memutar kepala searah dan berlawanan arah jarum, serta ke kanan dan ke kiri sudah dapat membantu melonggarkan kontraksi otot leher yang dapat membatasi pasokan darah ke kepala.
  • *Biji labu telah terbukti sebagai solusi pengobatan rumah yang efektif untuk masalah prostat. Biji labu yang kaya asam lemak jenuh, sangat penting untuk kesehatan prostat.
  • *Sup wortel bisa menjadi obat diare yang efektif. Sup wortel memasok air untuk mengatasi dehidrasi, mengisi kembali natrium, potasium, fosfor, kalsium, belerang dan magnesium, memasok pektin dan melapisi usus untuk mencegah peradangan. 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Photophobia

Deskripsi
Photophobia adalah rasa tidak nyaman di mata cahaya terang. Photophobia adalah gejala yang cukup umum. Bagi banyak orang, Photophobia bukan disebabkan oleh penyakit yang mendasari. Photophobia parah dapat berhubungan dengan masalah mata dan menyebabkan sakit mata parah bahkan dalam cahaya relatif rendah.
 
Penyebab umum photophobia antara lain:
* Berlebihan memakai lensa kontak, atau memakai lensa kontak dipasang buruk
* Penyakit mata, cedera, atau infeksi (seperti chalazion, episkleritis, glaukoma)
* Sensasi mata terbakar
* Migrain
* Meningitis
* Iritis atau uveitis akut (peradangan di dalam mata)
* Abrasi kornea
* Ulkus kornea
* Obat-obatan seperti amfetamin, atropin, kokain, cyclopentolate, idoxuridine, phenylephrine, scopolamine, trifluridine, tropicamide, dan vidarabine
* Tes mata di mana mata telah melebar

Gejala
Timbul rasa sakit di ruangan bercahaya terang.

Pengobatan
Ketidaknyamanan kepekaan cahaya dapat dikurangi dengan menghindari sinar matahari, menutup mata, mengenakan kacamata hitam, atau menggelapkan ruangan. Namun, penyebab kepekaan cahaya harus ditentukan, karena pengobatan yang tepat dapat menyembuhkan masalah. Perawatan medis disarankan untuk segera dilakukan jika rasa sakit pada cahaya rendah sampai parah.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


TBC

 Deskripsi
Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia.


Gejala
Penderita yang terserang basil tersebut biasanya akan mengalami demam tapi tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Gejala lain, penurunan nafsu makan dan berat badan, batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah), perasaan tidak enak (malaise), dan lemah.


Pengobatan
Adapun obat TBC yang biasanya digunakan adalah isoniazid, rifampicin. Setelah minum obat TBC biasanya gejala TBC bisa hilang dalam waktu 2-4 minggu. 

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tanda-tanda Kelebihan Olahraga

Banyak orang yang merasa sudah menjalani olahraga dengan baik, tapi yang didapatkan tubuh malah tidak fit. Sebaliknya periksa kadar olahraga Anda, jangan-jangan terlalu berlebihan. Apa tanda-tanda kelebihan olahraga itu?

Olahraga memang baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan kebugaran. Tapi kadang orang terlalu berlebihan berolahraga karena berharap ingin cepat kurus atau ingin punya badan ideal.

overtraining atau kelelahan yang berlebihan terjadi ketika seseorang melakukan olahraga atau latihan dengan intensitas, frekuensi atau durasi yang berlebihan. Akibatnya orang tidak mungkin melakukan pemulihan yang cukup setelahnya.

Jika hal ini sudah mencapai tahap kronis bisa membahayakan tubuh dan dapat melenceng dari tujuan olahraga itu sendiri.  

Orang yang terlalu banyak melakukan olahraga akan mengalami tanda-tanda:
  1. Kelelahan kronis
  2. Peningkatan cedera
  3. Mudah murung dan tersinggung
  4. Sakit kepala
  5. Gangguan dalam hal cita rasa
  6. Insomnia
  7. Flu yang tak kunjung sembuh
  8. Sakit pada otot dan sendi
  9. Anemia
  10. Depresi
  11. Penurunan kinerja
Jika terdapat minimal dua gejala diatas, maka kondisi tersebut sudah harus diwaspadai.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk memulihkan kondisinya yaitu:

1. Langkah pertama adalah pencegahan

Jika salah satu gejala sudah muncul, maka segera ubah program latihan atau olahraganya sehingga tidak membuat kondisi bertambah buruk.

2. Saatnya untuk istirahat

Pengobatan yang paling baik untuk overtraining adalah istirahat dan pemulihan, misalnya dengan mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup, mengurangi frekuensi dan intensitas olahraga misalnya menjadi dua kali dalam seminggu.

3. Memberikan bahan bakar yang berkualitas untuk tubuh
Komposisi makanan dan waktu konsumsinya menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah serta pemulihan dari overtraining. Usahakan untuk mengonsumsi protein dan karbohidrat, serta makan dua jam sebelum berolahraga dan segera setelah selesai olahraga. Karena penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh akan paling responsif terhadap penyimpanan energi dalam 30 menit pertama setelah olahraga dan respons paling rendah adalah 10 jam setelahnya.

4. Jaga tubuh agar tetap hidrasi
Tubuh akan berfungsi secara optimal ketika berada dalam kondisi terhidrasi dengan baik, karena itu usahakan untuk tetap mengonsumsi air sebelum, selama dan setelah berolahraga. Jika cuaca panas, maka dibutuhkan jumlah cairan yang lebih banyak.

5. Memiliki kehidupan lain selain ke pusat kebugaran

Meskipun seseorang berlatih dengan keras di pusat kebugaran, tapi ketika latihan sudah selesai bisa kembali fokus pada hal-hal lain seperti melakukan hobi yang dapat menyenangkan diri sendiri atau beristirahat.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar